Selasa, 18 Oktober 2011

TOT Aplikasi TIK dalam Pembelajaran


Seiring dengan kemajuan teknologi, maka dewasa ini pola pendidikan yang konvensional sudah kurang bijak dilaksanakan. Dewasa ini bahan ajar bukan hanya terbatas pada buku literatur dan LKS saja, tetapi mencakup data-data yang tersedia secara melimpah di dunia maya (web). Untuk meningkatkan minat siswa untuk belajar sekarang menjadi agenda besar bagi para tenaga kependidikan, diantaranya dengan menggunakan teknologi untuk menunjang KBM. Seperti yang kita kenal sekarang adalah media pembelajaran interaktif dengan menggunakan powerpoint. Powerpoint ketika dimanfaatkan sebagai media pembelajaran sekarang juga mengalami pengembangan dengan tidak hanya menampilkan text-text baik animasi atau bukan, tetapi bisa disisipi gambar sebagai data visual. Dewasa ini presentasi powerpoint juga mulai disisipi data audio visual (video) sebagai bahan atau sumber yang menampilkan data pendukung dari materi yang kita bahas.
Maka untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik diadakanlah TOT TIK untuk Pembelajaran. Banyak ilmu yang saya dapat dalam training ini, sempat bertemu dengan juara blog tingkat provinsi Bpk Ardan Sirojuddin dan rekan-rekan lain yang lebih paham tentang MPI. Pengetahuan yang baru diantaranya adalah Google sebagai server dan searching mesin terbesar saat ini mempunyai software google doc, yang dapat dimanfaatkan untukmembuat presntasi, soal-soal online, documen dan lain sebagainya yang tampilannya hampir menyerupai Microsoft Office. Software lain adalah SkyDrive milik Microsoft ataupun SOHO.COM (kalau tidak salah dengar dan salah tulis tentunya). 
Perlu usaha yang keras dan kreatif untuk meningkatkan kompetensi serta minat kita terhadap pemahaman yang baru untuk memanfaatkan TIK. Kira-kira inilah yang bisa saya tulis, maklum tulisan ini saya kerjakan sambil mendengarkan tutorial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar