Sabtu, 10 Desember 2011

Analisis Turunnya Prestasi Akademik Peserta Didik


Apabila ada penurunan prestasi akademik pada peserta didik, maka bisa dilihat beberapa faktor di bawah ini:
A.      Faktor Internal
1.      Tingkat Kecerdasan, anak dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, umumnya lebih mampu dan cepat dalam menyerap materi pelajaran.
2.      Kematangan Fisik; kematangan memberikan kondisi dimana fungsi-fungsi fisiologis termasuk sistem syaraf dan fungsi otak menjadi berkembang. Hal ini akan meningkatkan kapasitas mental dan mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik.
3.      Usia Kronologis (Cronilogical Age); Individu yang lebih tua cenderung lebih kuat dan lebih sanggup melaksanakn tugas-tugas yang lebih berat. Lebih mampu menggerakan energi dan perhatiannyadalam waktu yang lebih lama, serta ingatan yang lebih baik.
4.      Kondisi Fisik;Anak dengan kondisi fisik sehat akan belajar lebih optimal.
5.      Kondisi Mental (Psikologis); Kondisi mental yang tertekan,frustasi, sakit, sedih,atau putus asa akan sangat mempengaruhi suasana belajar siswa.
6.      Pengalaman Sebelumnya; Bila siswa sebelumnya sudah belajar untuk materi yang akan diajarkan esok harinya,cenderung lebih siap dalam menrima pelajaran.
7.      Motivasi; Berhubungan dengan kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan belajar. Hal ini dikarenakanmotivasi akan mendorong, menggerakan, mengerahkan atau mengubah tindakan serta tujuan belajar.
B.       Faktor Eksternal
1.      Suasana lingkungan.
2.      Bimbingan pihak lain dalam kegiatan belajar.
3.      Reward.
4.      Punishment.
Source : Psikologi Plus,Edisi Desember 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar