Sabtu, 10 Desember 2011

PENGENALAN DUNIA KERJA


1.      Latar Belakang Informasi Dunia Kerja
Setelah tamat SMK langkah yang terbaik adalah mencari pekerjaan, namun apabila ada pertimbangan lain bukan suatu yang tidak baik apabila tamatan SMK dapat melanjutkan ke Perguruan Tinggi yang sesuai. Bagi yang dapat langsung bekerja, bekerjalah dengan penuh semangat apapun pekerjaan itu, yang penting halal. Lakukanlah pekerjaan itu dengan penuh ketekunan dan kesadaran bahwa pekerjaan apapun apabila dilaksanakan dengan hati, akan menghasilkan sesuatu yang maksimal.
2.      Tipe Pekerjaan yang Cocok
Yang cocok untuk tamatan SMK adalah pekerjaan yang sesuai dengan Program Keahlian yang ditekuni sewaktu di SMK.
Akan tetapi realita yang ada, karena negara kita yang belum maju, sehingga untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan Program Keahlian kadang-kadang masih mengalami kesulitan, apalagi apabila prestasi akademis dan ketrampilan kita tidak bisa diandalkan. Akhirnya kita tidak bisa berharap memperoleh pekerjaan yang sesuai tersebut 100 %, namun kita harus siap dengan pekerjaan apapun, kemudian kita tekuni, sehingga kita dapat memperoleh predikat ahli dalam pekerjaan tersebut. Dengan demikian kita akan memperoleh penghargaan yang sesuai dan juga kita akan memperleh kepuasan pribadi, karena kita bukan lagi pendatang baru yang tanpa kompetensi, yang tentu saja akan memperoleh penghargaan secara finasiil yang lebih memadai.

3.      Kerja Setelah Tamat
Setelah tamat SMK kemudian melihat ekonomi keluarga yang buruk, maka yang perlu segera anda rencanakan adalah mencari pekerjaan, baik sebagai pegawai negeri, pegawai swasta atau berwira usaha sendiri. Agar dalam mencari pekerjaan tidak banyak menemui kendala ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
a.       Usahakan dalam Ujian mendapatkan Nilai Tinggi pada setiap mata pelajaran
b.      Ikuti kursus penunjang untuk menambah bobot penilaian dalam penerimaan pegawai
c.       Berlatih membuat surat lamaran pekerjaan untuk PNS maupun untuk pegawai swasta
d.      Pelajari buku-buku dan berlatihlah psikotes dengan ketepatan waktu yang ditentukan
e.       Latihan Tes Wawancara dan sikap yang baik saat tes
f.       Rajin membaca Koran / majalah untuk memperoleh informasi Lowongan Pekerjaan dengan berbagai syarat dan ketrampilan yang diperlukan
g.      Rencanakan segera melamar pekerjaan setelah Tamat SMK, karena semakin muda usia anda akan lebih mudah diterima bekerja.
h.      Setelah anda diterima, mulailah bekerja dengan baik walaupun dengan gaji yang belum sesuai dengan harapan, sambil mencari pengalaman kerja, yang penting tidak menganggur sambil mencari pekerjaan lain sampai anda puas dengan gaji dan jabatan yang anda inginkan. Setelah gaji cukup rencanakan bekerja sambil kuliah, karena apabila mendapat gelar sarjana yang sesuai dengan pekerjaan yang anda jalani, maka akan dapat mendongkrak karir anda di perusahaan dan anda akan memperoleh  kepuasan pribadi yang luar biasa atas usaha anda dengan keringat sendiri untuk memperoleh keberhasilan tersebut. Namun jangan lupa tetap rendah hati dan jangan lupa bahwa segala sesuatu yang anda peroleh adalah berkat Allah SWT dan orang-orang terdekat anda.
4.      Menunjukkan Cara membuat surat lamaran pekerjaan
Setelah anda mendapatkan kepastian lowongan pekerjaan dari manapun asalnya, anda segera membuat Surat Lamaran pekerjaan yang ditujukan kepada seseorang atau instansi untuk memperoleh pekerjaan. Surat Lamaran Pekerjaan yang baik mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
a.       Penulisan Surat lamaran pekerjaan handaknya ditulis dengan baik dan rapi
b.      Penulisan Surat lamaran pekerjaan jangan terlalu panjang (tidak lebih dari 1 halaman folio ), hal ini untuk menghindari kejenuhan bagi yang membacanya.
c.       Bila ada yang perlu dilaporkan tulislah pada Daftar Riwayat Hidup
5.      Wawancara
Yaitu Tanya jawab direksi ( Kep. Personalia / Kep. Humas ) perusahaan dengan pelamar pekerjaan, untuk mengetahui seberapa wawasan, motivasi kerja pelamar pekerjaan. Berikut Teknik yang baik menghadapi Wawancara :
a.       Perhatikan penampilan anda
b.      Siap melakukan wawancara
c.       Usahakan bicara secukupnya
d.      Bersikap sopan dalam memasuki ruangan
e.       Bersikap yang baik dalam meninggalkan ruangan

1 komentar: