Sabtu, 10 Desember 2011

PERENCANAAN STUDI LANJUT


A.    Bentuk-bentuk Perguruan Tinggi
1.      Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan kejuruan di lingkung pendidikan tinggi :
Contoh : ABA, AKPER, AKBID, dll
2.      Sekolah Tinggi adalah PT yang melaksanakan satu bidang pendidikan kejuruan yang hanya terdiri satu fakultas, tapi bisa lebih dari satu jurusan
Contoh : STAN, STO, STPDN, dll
3.      Institut atau PT yang melaksanakan prog. Pendidikan yang bersifat keilmuan dan kejuruan dalam satu bidang ilmu pengetahuan, teknologi atau seni. Institut/PT dapat terdiri dari beberapa fakultas dan tiap fakultas bisa lebih dari satu jurusan.
Contoh : ITB, ITS, STS, IAIN, INTAN, dll
4.      Universitas adalah PT yang melaksanakan  prog. Pendidikan yang bersifat keilmuan dan kejuruan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Universitas dapat terdiri dari banyak fakultas dan fakultas dapat terdiri dari beberapa jurusan.
Contoh : UGM, UNS, UNDIP, UNILA, dll
Sebuah PT, seperti Universitas, Institut, sekolah Tinggi akan meluluskan mahasiswa dengan gelar sarjana. Lama kuliah tergantung kemampuan setiap mahasiswa, minimal 4 tahun maksimal 7 tahun.
B.     Status Perguruan Tinggi
1.      Perguruan Tinggi Negeri
2.      Perguruan Tinggi Swasta
1. Status Ijin Operasional
2. Status Terdaftar
3. Status Diakui
4. Status Disamakan
C.     Nama dan alamat perguruan tinggi di Indonesia
-          silahkan browse di google
D.    Nama dan alamat perguruan tinggi swasta di Indonesia
-          silahkan browse di google
E.     Perguruan Tinggi yang Sesuai dengan Tamatan SMK
Tidak setiap Fakultas yang ada di perguruan tinggi dapat menerima tamatan SMK dengan berbagai program keahlian yang ada, tetapi sesuai dengan perkembangan pendidikan bahwa tamatan SMK sekarang lebih leluasa dalam memasuki Perguruan Tinggi, karena syaratnya lebih mudah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

1 komentar: